Alumni Timur Tengah Luncurkan Buku Bertema Palestina


BANDA ACEH - Sejumlah warga Aceh yang pernah menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi di kawasan Timur Tengah, meluncurkan tiga judul buku yang mengangkat tema tentang Palestina, perekonomian Islam, dan novel Islami. Peluncuran buku tersebut dilakukan dalam acara seminar nasional sekaligus reuni akbar Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, di hotel Rajawali Lampulo, Banda Aceh, Minggu (13/6/2010). 

Ketua Panitia, Mulyadi Nurdin Lc, dalam siaran pers kepada Serambi kemarin menyebutkan, ketiga judul buku yang diluncurkan kemarin masing-masing, “Sistem Perekonomian Islam” karya Teuku Iskandar Lc, kemudian “Shalahuddin Al-Ayyubi Sang Pembebas Al-Aqsa” yang diterjemahkan dari bahasa Arab oleh Mulyadi Nurdin Lc, dan novel Islami “Burung Rantau Pulang ke Sarang” karya Teuku Azhar Ibrahim Lc.

Sementara kegiatan seminar nasional yang mengangkat tema “Peran Alumni Timur Tengah dalam Pembangunan Umat” menghadirkan narasumber Prof Dr Muslim Ibrahim (Ketua MPU Aceh), dan tokoh nasional Dr Daud Rasyid MA dari Jakarta.

Prof Muslim Ibrahim dalam presentasinya mengatakan, peran alumni Timur Tengah sangat besar di Indonesia, khususnya Aceh. Peran mereka sudah dirasakan sejak lama, seperti Tgk Chik Pante Kulu, Tgk Mudawali Labuhan Haji, dan sejumlah ulama besar lainnya. “Tgk Muslim Ibrahim juga mengatakan bahwa selama ini alumni Timur Tengah telah berperan aktif dalam pembinaan masyarakat, bahkan bisa bersanding dengan ulama alumni dayah yang ada di Aceh,” ujar Mulyadi.

Sementara Dr Daud Rasyid mengharapkan agar alumni Timur Tengah dapat mewarnai masyarakat dengan nilai-nilai Islami yang benar dan dapat meluruskan jika timbul aliran yang menyesatkan dalam masyarakat. “Di samping itu alumni Timur Tengah juga diharapkan lebih aktif lagi dalam menulis buku maupun artikel di media massa, sehingga dapat menyampaikan nilai-nilai agama kepada masyarakat luas,” kata Mulyadi mengutip penjelasn Daud Rasyid.

Mulyadi menambahkan, acara tersebut dihadiri lebih dari seratus orang alumni dari seluruh Aceh. Kegiatan itu juga diiringi dengan pengukuhan pengurus IKAT kabupaten/kota seluruh Aceh. “Pengukuhan ini sendiri dilakukan dalam rangka mengoptimalkan peran alumni Timur Tengah dalam masyarakat dan menyatukan langkah mereka dalam mengelola kegiatan di daerah masing-masing,” kata Mulyadi.(nal)

http://serambinews.net/news/printit/32727

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s