Pengaruh Iman bagi Kehidupan dan Jiwa Manusia


"Zul Anshary"

Syech H Zul Anshary mengisi pengajian di Rumoh Aceh Kopi Luwak, Rabu (21/03/2012) malam

Oleh Zainal Arifin M Nur

IMAN adalah landasan utama bagi seorang muslim dalam menjalani kehidupan di muka bumi. Tanpa iman, hidup seorang muslim akan dipenuhi dengan kekhawatiran dan keragu-raguan.

“Iman ini sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Jika seseorang tidak punya keimanan, maka kehidupannya tidak akan berarti apa-apa. Contoh, seseorang tidak percaya dengan kehidupan setelah kematian (hari akhirat), maka ia tidak punya tujuan dalam hidupnya,” ujar Syech H Zul Anshary, Lc, dalam pengajian rutin, di Rumoh Aceh Kopi Luwak, Jalan Rawasakti 5, Jeulingke, Banda Aceh, Rabu (21/03/2012) malam.

Zul Anshary, yang merupakan penyuluh Agama Islam di Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Aceh, mengulang kembali definisi iman, yakni mengucapkan dengan lisan bahwa kita percaya (kepada 6 rukun iman). Kemudian mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi juga harus ada ikrar dalam hati dan sanubari bahwa kita benar-benar meyakini segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah.

“Ada dua ketentuan yang harus terpenuhi dalam beriman. Pertama niat, kedua ittiba (mengikuti aturan-aturan atau landasan). Kalau hanya sekadar meyakini rukun iman yang enam, tapi kita tidak punya landasan, maka belum bisa dikatakan sudah beriman,” ujar Syech Zul.

“Jika hati kecil (nurani) kita sudah beriman, maka tidak akan ada lagi kekhawatiran dan keragu-raguan dalam menjalani kehidupan dan janji Allah,” imbuhnya.

Pria yang menjabat Sekretaris Majelis Ekonomi PW Muhammadiyah Aceh menyebutkan, sair Imam Syafii, bisa menjadi contoh yang sangat baik untuk menunjukkan bagaimana iman sangat berpengaruh dalam menjalani kehidupan. Tidak ada sedikit pun kekhawatiran dan keragu-raguan, bahwa janji Allah pasti akan terjadi. Kurang lebih artinya adalah:

Kalau pun hidup aku takkan kehilangan makanan

Kalau pun mati aku takkan kehilangan kuburan

Jiwa bebasku memandang kehinaan dekat kekufuran

Keinginanku sama dengan penguasa punya keinginan

Bagaimana mungkin aku tak mendapat makanan

Mengapa aku harus takut kepada Umar dan Zaidan

“Dari syair itu dapat diambil kesimpulan bahwa keragu-raguan dan kekhawatiran dalam menjalani kehidupan itu tidak perlu terjadi bagi seorang mukmin (orang yang beriman),” ujarnya.

Ia menambahkan, pengaruh iman dalam kehidupan sangat luar biasa. Bisa membuat orang akan meninggalkan kehidupan materi dan rela syahid di jalan Allah.

Syech Zul Anshary menyebutkan contoh bagaimana para ahli sihir Firaun yang beriman kepada kebenaran ajaran Allah yang dibawa oleh Nabi Musa as, kemudian rela syahid di jalan Allah. “Ini sungguh luar biasa. Dalam sebuah tafsir disebutkan mereka (para ahli sihir) berubah dalam waktu sekejab dari kekufuran menjadi beriman dan akhirnya syahid karena dipenggal oleh Firaun,” katanya.

Syech Zul Anshary berharap kepada para peserta pengajian di Rumoh Aceh agar terus meningkatkan kadar keimanan. “Karena kadar keimanan itu bisa naik turun. Suatu waktu iman kita sangat tinggi, namun di waktu lain bisa sangat rendah. Karena itu, kita harus selalu berusaha untuk menjaga kadar keimanan kita,” ujar Syech menutup pengantarnya.

Selanjutnya, terjadi dikusi cukup alot, terutama seputar keimanan terhadap yang ghaib. Seperti azab kubur, surga-neraka, dan kehidupan setelah kematian. Meski alot, dialog tetap berlangsung dalam jalur.

Syech Zul Anshary yang merupakan lulusan Al-Azhar Kairo, Mesir, menjelaskan secara runut semua pertanyaan dengan mendasarkan pada ayat-ayat Alquran dan Hadits Rasulullah SAW. Wallahua’lam bissawab.(*)

sumber http://www.zainalarifin.tk/2012/04/pengaruh-iman-bagi-kehidupan-dan-jiwa-manusia/

About these ads

One comment on “Pengaruh Iman bagi Kehidupan dan Jiwa Manusia

  1. Ping-balik: Pola Pikir Sehat, Pola Pikir Islami | Website Mulyadi Nurdin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s